Cara Mengetahui Penerbit yang Valid di Perpustakaan Nasional RI

Sekarang ini, industri penerbitan buku semakin hidup. Terutama dengan hadirnya penerbit-penerbit yang menawarkan jasa self publishing dan/atau penerbitan buku indie. Bahkan, beberapa penerbit mainstream mulai membuka jasa self publishing.

Banyaknya pilihan penerbit buku merupakan kabar baik bagi calon penulis (buku) atau siapapun yang berminat menerbitkan buku. Artinya, tak ada istilah sulit menerbitkan buku. Asal ada naskah, kirimkan ke salah satu penerbit, buku sudah siap terbit.

Salah satu jasa yang ditawarkan penerbit adalah ISBN (International Standard Book Number). Secara sederhana ISBN ini adalah sidik jarinya buku.

Di Indonesia, ISBN dikeluarkan oleh salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) yaitu Perpustakaan Nasional RI. Penerbitan yang dapat mengajukan ISBN ke Perpusnas RI haruslah yang terdaftar – istilah Perpusnas adalah ter-validasi.

Cara Mengetahui Penerbit Tervalidasi Perpunas RI

Di sini, agar para penulis tidak kecele (jika tidak tahu lihat artinya di KBBI) ada baiknya mengecek terlebih dahulu penerbitan yang dituju. Caranya seperti ini:

  • Buka laman ISBN perpusnas dengan alamat isbn.perpusnas.go.id, tampilan mukanya seperti gambar di bawah ini:

Perpustakaan Nasional RI

  • Lihat sisi kanan bawah. Terdapat kolom status validasi penerbit.

Cek Validasi Penerbit Buku

  • Isi pada kolom tersebut nama penerbit yang dituju (sebagai contoh di sini PUSTAKAPEDIA). Lalu tekan enter. Anda akan langsung melihat status validasi penerbit buku tersebut.

Penerbit Buku Valid

  • Coba juga dengan penerbit yang lain (Kami beri contoh asal saja), dan lihat apa informasinya?

Penerbit Buku tidak Valid

Demikian informasi ini Kami berikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Bagi yang berminat berdiskui silakan isi kolom komentar.

Baca Juga  Antologi; Cara Menulis dan Menerbitkan Buku Secara Kolektif

2 Comments

Leave a Reply