Hukum Kesehatan: Suatu Pengantar

Hukum Kesehatan Suatu Pengantar

DESKRIPSI

Buku ini dimaksudkan sebagai pengantar dalam mempelajari hukum kesehatan. Sebagai salah satu lapangan hukum yang masih baru, hukum kesehatan terus menerus merumuskan substansi dan kompetensinya dalam menanggulangi permasalahan-permasalahan hukum. Hukum kesehatan memang dianggap menggabungkan 2 (dua) disiplin ilmu yaitu ilmu kesehatan dan ilmu hukum. Akan tetapi, di dalam perkembangan pembelajaran di Fakultas Hukum, baik di tingkat sarjana dan pascasarjana, pembelajaran pada umumnya berkutat kepada salah satu aspek saja dari hukum kesehatan yaitu hubungan hukum dalam pelayanan kesehatan, yang kemudian dipersempit lagi, walaupun dengan kajian yang mendalam, terhadap isu-isu mikro seperti sengketa medik, dan lebih mikro lagi soal transaksi terapeutik.

Dalam studi ilmu kesehatan, hal ini merupakan bagian dari pelayanan kesehatan perseorangan, yang juga sering disebut sebagai pelayanan medik. Padahal hukum kesehatan juga mengatur pelayanan kesehatan publik seperti upaya kesehatan, fasilitas kesehatan, pembiayaan kesehatan, hingga jaminan kesehatan. Namun bagian-bagian yang terakhir ini masih jarang diperbincangkan oleh kalangan sarjana hukum, yang tercermin antara lain dalam kelangkaan buku-buku hukum kesehatan dalam Bahasa Indonesia mengenai isu-isu tersebut.

Padahal, akhir-akhir ini, minat kalangan kedokteran, termasuk tenaga kesehatan lain, untuk memperoleh pencerahan lebih lanjut mengenai aspek hukum terhadap “dunia” mereka cenderung menguat. Di sejumlah perguruan tinggi bahkan membuka kelas khusus yang memberikan konsentrasi hukum kesehatan, dengan keragaman fokus dan kurikulum, bahkan di tingkat pascasarjana.

Buku ini diharapkan mengisi kelangkaan tersebut. Penulis sendiri merencanakan membagi penulisan buku hukum kesehatan ini dalam 3 (tiga) topic, yaitu Pengantar Hukum Kesehatan, Sengketa Layanan Medik, dan Hukum Komoditas Kesehatan. Semoga dalam waktu-waktu mendatang kedua topik lain dapat segera disiapkan dan diterbitkan.

Buku ini memang belum lengkap. Menulis sebuah buku teks sebagai pengantar memang tidak mudah. Tak cukup menyampaikan kerangka konseptual dan filosofis belaka, akan tetapi juga menyentuh ketentuan-ketentuan hukum positif supaya memberikan gambaran yang mudah untuk diterima.

Baca Juga  Puisi Ady

DATA BUKU

Judul: Hukum Kesehatan Suatu Pengantar
Penulis: Dr. Isharyanto, S.H., M.Hum
Penerbit: Pustakapedia Indonesia
Jumlah Halaman: 136
ISBN: 978-602-74464-2-7
Kategori: Hukum
Harga: Rp.38.500,-