Jadi, Kamu Pilih Jurusan HI?

Jadi, Kamu Pilih Jurusan HIData Buku

Judul: Jadi, Kamu Pilih Jurusan HI?

Penulis: Agung Setiyo Wibowo

Penerbit: Pustakapedia Indonesia

Jumlah Halaman: 134

ISBN: 978-602-60316-4-8

Kategori:Story

Kutipan Isi Buku

Apa sebenarnya motivasi para lulusan SMA/Sederajat memilih HI? Tentu, jawabannya subyektif. Karena masing-masing memiliki tujuan berbeda-beda. Namun, berdasarkan riset penulis, sejatinya dapat digolongkan menjadi tiga.

Pertama, mahasiswa yang sudah mantap memilih HI. Golongan ini biasanya sudah mengenal potensi dirinya dengan baik dan memiliki cita-cita  yang jelas. Ada yang ingin menjadi diplomat lantaran ingin berkeliling dunia sebagai “duta bangsa”. Ada yang ingin menjadi dosen lantaran itulah panggilan hidupnya. Ada yang ingin mempromosikan kuliner, kesenian, atau budaya Indonesia ke kancah internasional. Ada yang ingin menjadi wartawan atau penulis yang dikenal di mancanegara. Ada yang ingin menjadi aktivis sosial untuk menjawab isu-isu global yang sesuai minatnya. Mereka yakin jurusan HI mampu membekali dirinya dengan baik.

Kedua, mahasiswa yang kurang mantap memilih HI. Golongan ini biasanya cukup mengenali potensi dirinya dengan baik dan belum memiliki cita-cita yang jelas. Tidak sedikit dialami oleh mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa asing dengan baik. Entah itu bahasa Inggris, Arab, Jepang, Mandarin, Belanda, Jerman, Spanyol, Perancis, maupun lainnya. Mereka di bangku SMP atau SMA biasanya sudah sering menjuarai beragam kompetisi yang memakai keterampilan berbahasa asing seperti debat, pidato, dan menulis esai. Ada juga yang di usia belianya pernah mengikuti acara dengan lingkup internasional seperti pertukaran pelajar, pertunjukan seni, magang, ataupun sekedar jalan-jalan. Golongan ini mungkin tidak ingin keterampilan berbahasa asingnya pupus, oleh karenanya masuk HI walaupun belum mengenal jurusan tersebut dengan baik.

Untuk mengetahui lebih lanjut hal ihwal HI secara lebih lengkap silakan baca buku yang ditulis langsung oleh alumnus HI ini.

Baca Juga  Monolog Cinta Anak Bangsa

Buku ini ditulis dengan gaya bertutur yang lugas dan menarik. Pembaca seakan berdialog langsung dengan penulis. Menjadi menarik karena buku ini berisi “asam-garam” penulis sebagai seorang akademisi dan praktisi Hubungan Internasional.

Selamat Membaca!

Categories: Buku Terbaru

Leave a Reply