MSDM: Sebuah Pendekatan Peningkatan Komitmen Organisasi

Manajemen SDMManajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) atau dikenal dengan Human Resource Management (HRM), merupakan salah satu bidang atau fungsi dalam organisasi (perusahaan).

Selain MSDM fungsi lainnya yaitu produksi, pemasaran, dan keuangan. Tanpa SDM maka fungsi atau bidang yang lain tidak dapat berfungsi, sehingga MSDM memegang peran penting bagi operasional dan keberlanjutan perusahaan.

Berbagai istilah mulai dari manajemen kepegawaian, manajemen personalia, MSDM, dan Manajemen Modal Insani atau Human Capital Management (HCM) dikenal orang dan digunakan dalam organisasi atau perusahaan. Hal ini menunjukkan semakin penting peran MSDM untuk pencapaian tujuan organisasi dan perusahaan.

Perubahan lingkungan organisasi atau perusahaan yang semakin cepat (dinamis) merupakan hal yang tidak dapat dihindari dan harus dihadapi oleh organisasi. Perubahan faktor internal dan eksternal menyebabkan semakin penting fungsi dan peran MSDM untuk melakukan penyesuaian dengan cepat benar sebagai keunggulan bersaing.
MSDM yang baik akan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas, dengan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman. Pengelolaan SDM yang tepat mampu mengarahkan dan meningkatkan keterlibatan tenaga kerja secara positif dan aktif dalam pencapaian tujuan organisasi atau perusahaan.

Menurut Mary Parker Follet: Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. (We are managing human resources). Dilain pihak manajemen menyangkut planning, organizing, staffing, directing, dan controlling.

MSDM merupakan strategi dan pendekatan pengelolaan organisasi dimana tenaga kerja merupakan asset perusahaan yang secara individu dan kelompok memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan organisasi.

Baca Juga  #SAJAKINAJA: Sajak yang Lahir dari Dua Negara (Indonesia-Singapura)