Pemasaran Kewirausahaan (Pendekatan Balanced Scorecard)

Pemasaran KewirausahaanUntuk menunjang pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sosial budaya dalam rangka memperkuat daya saing global, pembangunan sektor perdagangan perlu diarahkan untuk menciptakan sistem perdagangan dalam negeri yang kuat dan efisien yang terintegrasi dengan pasar global yang mampu meningkatkan daya saing produk nasional yang berkualitas internasional pada era perdagangan global. Pendekatan pemasaran kewirausahaan merupakan pendekatan konsep yang tepat ditinjau dari keterbatasan sumber daya dan permasalahan yang ada pada industri kecil menengah (IKM). Pendekatan pemasaran kewirausahaan pengusaha kecil mampu menciptakan suatu kondisi usaha yang lebih terarah terkait dengan usaha pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Aspek penting dari pemasaran ini diteliti dalam konteks usaha kewirausahaan untuk melihat bagaimana teori pemasaran sesuai dengan praktek kewirausahaan. Kinerja IKM merupakan ukuran keberhasilan sebuah perusahaan dalam mencapai tujuannya. Kinerja yang positif berarti perusahaan dapat mencapai tujuannya, sedangkan kinerja yang negatif berarti perusahaan tidak dapat mencapai tujuannya.

Menghadapi pasar global MEA perlu dilakukan perbaikan strategi untuk IKM dalam menghadapi kondisi tersebut, sehingga IKM bisa bersaing di pasar global dan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik bagi kegiatan perekonomian Indonesia terutama bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum. Usaha untuk peningkatan kualitas IKM dalam menghadapi pasar global tersebut adalah dengan cara meningkatkan kinerja dari IKM tersebut, sehingga lebih siap untuk menghadapi pasar global.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang tak terkira pada pihak-pihak yang terlibat dan mendukung diterbitkannya buku ini. Tidak lupa pula kepada rekan-rekan dosen yang memberikan semangat. Kepada segenap pembaca yang budiman tetap penulis harapkan kritik dan sarannya yang bersifat membangun guna kesempurnaan buku ini lebih lanjut. Akhirnya penulis berharap semoga buku ini akan dapat memberikan manfaat bagi siapa pun yang membacanya.