Penyelenggaraan Event Pariwisata

Berdasarkan target dari Kementerian Pariwisata untuk 20 juta wisatawan mancanegara dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara di tahun 2019, dibutuhkan sebuah dukungan promosi yang efektif dan dapat menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Indonesia selain karena alam dan budayanya.

Penyelengaraan event pariwisata adalah untuk merangsang promosi pariwisata di Provinsi, Kabupaten/Kota di Indonesia untuk bersama-sama mempromosikan daerahnya sebagai destinasi unggulan. Diharapkan dari penyelenggaraan event yang memiliki 3C (Content, Communication, Commercial), bisa menggerakkan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi di Indonesia.

Promosi dalam pengembangan kepariwisataan menekankan adanya upaya untuk memberikan informasi dan membujuk wisatawan agar berkunjung ke destinasi pariwisata. Event merupakan salah satu media promosi yang dapat secara efektif mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia sekaligus meningkatkan citra pariwisata Indonesia di mata wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Pemerintah Daerah memiliki peranan penting untuk dapat mempromosikan destinasi pariwisata sehingga distribusi wisatawan dapat lebih merata ke banyak destinasi pariwisata di Indonesia. Dukungan Pemerintah Pusat menjadi sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas dan citra destinasi pariwisata. Penyelenggaraan event di tingkat daerah menjadi prioritas dalam promosi daerah. Namun pada pelaksanaannya dalam memberikan dukungan bagi pelaksanaan event pariwisata, dibutuhkan panduan untuk dapat mengoptimalkan peran masing-masing pemangku kepentingan dalam menunjang target pariwisata nasional.

Buku ini disusun untuk memberikan gambaran kepada pemangku kepentingan pariwisata, khususnya Pemerintah Daerah, tentang penyelenggaraan event pariwisata serta pengajuan dukungan penyelenggaraan event nasional baik yang bertaraf nasional maupun internasional yang sesuai dengan kebutuhan dan nilai strategis pariwisata nasional.

Data Buku
Judul: Penyelenggaraan Event Pariwisata
Penulis: Yustisia Kristiana, Lintang Ayu Nugrahaning Tyas
ISBN: 978-602-6719-76-8
Tahun: 2018
Halaman: 68

Baca Juga  Anak Jalanan dan Masalah Kesehatan