PoD dan Self Publishing; Revolusi Bisnis Penerbitan Buku

pustakapedia.com – Print on Demand (PoD) berarti cetak berdasarkan pesanan. Sistem ini memungkinkan untuk mencetak buku tanpa minimum order. Bahkan ada jasa percetakan yang ‘berani’ menerima order cetak buku meskipun hanya satu buku saja.

Sebelum PoD, pencetakan buku dicetak dengan jumlah banyak. Rata-rata cetak per-satu judul buku sebanyak 2500 atau 3000 buku; biasanya dilakukan penerbit dengan dana yang kuat. Bagi penerbit kelas menengah satu judul buku biasanya dicetak sebanyak 500 buku saja. Biaya cetak inilah yang menjadikan banyak orang ‘mikir-mikir’ untuk membuka usaha penerbitan buku.

Kita dapat membayangkan betapa mahalnya biaya cetak buku jika dalam satu bulan pihak redaksi telah menyetujui puluhan judul buku yang masuk.

Soal kualitas, PoD dengan mesin digital printing atau dengan printer laser untuk isi buku dihadapan cetak massal dengan mesin offset sekarang ini perbedaannya tipis saja. Suatu saat, printer laser akan mengembangkan dan memperbaiki kualitasnya – seperti yang Kita lihat sekarang ini, semakin baik.

Dengan revolusi cetak PoD ini, dunia penerbitan seperti menunjukkan gairah baru. Usaha penerbitan buku tidak lagi menjadi dominasi ‘tuan berdompet tebal’. Revolusi cetak tersebut linier dengan gairah baru penerbitan yang sering Kita dengar; self publishing.

Baca Juga  Apa itu Self Publishing?

Gairah ini muncul mengingat ‘mas-mas berkantong pas-pasan’ bisa memiliki penerbitan berlabel self publishing. Tentu saja, atas pertolongan terknologi baru bertitel print on demand itu.

Baca Juga  Memahami Definisi Buku Indie

Ke depan, asumsi Kami penerbitan jenis inilah yang akan berkembang. Hal tersebut mengingat buku elektronik diprediksi akan menjadi pilihan nomor satu bagi ‘si kutu buku’. Karenanya, cetak buku dengan skala kecil menjadi pilihan.

2 Comments

  • 78Jaxon says:

    I must say you have very interesting posts here.
    Your website should go viral. You need initial boost only.
    How to get it? Search for: Etorofer’s strategies

    • Pustakapedia says:

      It’s not about post but how search engine algorithm was screening that. Etorofer’s strategies? it’s for got the post going viral- we don’t know more about that. But thank’s.

Leave a Reply