Self Publishing di Indonesia

self publishing Indonesia

Belakangan self publishing di Indonesia kian ramai. Ramainya penerbitan mandiri ini tidak lain karena semakin banyak pula yang sadar bahwa self publishing sebagai peluang yang demikian terbuka.

Karenanya, bagi Anda yang hendak memulai mendirikan self publisher perlu bersiap menghadapi persaingan di pasar penerbitan buku ini.

Sebenarnya, menurut beberapa sumber, geliat self publishing di Indonesia cukup terlambat. Bandingkan dengan Amerika dan Eropa yang sudah mulai menjamur sejak tahun 1990-an.

Baca Juga  Apa itu Self Publishing?

Meski demikian, kita perlu melihat sisi positifnya. Artinya, saat ini, di Indonesia jumlah buku terbit akan semakin baik. Meningkatnya jumlah terbitan juga akan mendorong penerbit-penerbit untuk meng-edukasi masyarakat agar gemar membaca. Jika hal ini terus dilakukan maka akan dihasilkan situasi yang linier yakni semakin banyak buku, semakin tinggi minat baca.

Di sisi lain, self publishing mendorong nilai ekonomi baru. Ada geliat bisnis dan hal ini baik adanya.

Baca Juga  PoD dan Self Publishing; Revolusi Bisnis Penerbitan Buku

Untuk itu, pustakapedia berharap lini penerbitan ini dapat terus bertahan dan -bahkan- berkembang di Indonesia. Sebab, di luar itu semua. Bisnis ini cukup berkeadilan. Bayangkan, pada self publishing, kita tidak melihat adanya monopoli bisnis oleh pemilik modal besar. Meskipun ada upaya untuk itu. Juga, membuka peluang bagi siapa saja untuk menjadi penulis tanpa rasa takut.